Kurikulum

Kurikulum berbasis kompetensi menjadi acuan bagi desain kurikulum terbaru di Jurusan Akuntansi. Kurikulum selalu ditinjau secara periodik dan disesuaikan dengan kemajuan di lingkungan akademis, profesi dan perubahan di dunia bisnis. Pemahaman konsep dan technical skill diberikan secara berkesinambungan dan ditunjang berbagai praktikum di laboratorium.

Jurusan Akuntansi bertujuan untuk membentuk lulusan yang memiliki pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan di bidang Akuntansi. Mata kuliah Akuntansi yang diberikan terbagi dalam beberapa kelompok besar yaitu Akuntansi Keuangan, Akuntansi Manajemen, Sistem Informasi Akuntansi dan Pemeriksaan Akuntan atau Audit.

Mahasiswa didorong untuk berpartisipasi aktif di dalam kelas dan dosen berfungsi sebagai fasilitator.

Kurikulum Jurusan Akuntansi juga mengakomodasi kebutuhan pasar tenaga kerja akuntan yang memiliki tambahan spesialis atau keahlian tertentu. Mahasiswa diberikan fleksibilitas untuk memilih jalur peminatan yang ingin ditekuni. Tiga permintaan yang tersedia adalah Audit Sistem Informasi, Perpajakan dan Sektor Publik, serta Pasar Modal. Dengan demikian, lulusan akan memiliki satu kelebihan tertentu di peminatan tersebut tanpa mengurangi kompetensi sebagai seorang akuntan pada umumnya.

Desain kurikulum yang fleksibel dan up-to-date didukung oleh formasi dan kualifikasi staf pengajar yang tinggi. Para dosen berasal dari kalangan akademis, profesi dan praktisi bisnis. Metode pengajaran tidak hanya berupa tatap muka, tetapi pada berbagai mata kuliah mulai diterapkan student-centered learning. Mahasiswa didorong untuk berpartisipasi aktif di dalam kelas dan dosen berfungsi sebagai fasilitator.

Berbagai teaching tools atau media pengajaran juga terus dikembangkan dan memang sangat membantu mahasiswa untuk belajar mandiri.

Kurikulum yang berlaku bagi mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi mulai angkatan 2000/2001 dan seterusnya adalah sebagai berikut:

Kurikulum Umum

Semua mahasiswa diwajibkan untuk mengambil mata kuliah inti jurusan.

Kurikulum Peminatan

Mulai semester 6 ke atas (atau semester 4 bagi yang memilih peminatan Akuntansi dan Pasar Modal), mahasiswa bebas memilih peminatan yang ingin diambilnya, yaitu:

 Audit Sistem Informasi:
Tabel Mata Kuliah
 Akuntansi & Perpajakan:
Tabel Mata Kuliah
 Akuntansi & Pasar Modal:
Tabel Mata Kuliah

Anda dapat mengklik link di atas untuk melihat penjelasan singkat termasuk pilihan profesi yang dijalankan oleh lulusan tiap peminatan.

© 2005 Semua hak cipta atas desain dan isi dari situs ini dipegang oleh
Universitas Kristen Petra dan Jurusan Akuntansi, kecuali bila disebutkan lain.
Silahkan baca Tanya Jawab kami, sebelum mengirimkan komentar, saran, dan kritik pada kami.